Perawatan bunga mawarku🌹





"Selamat datang di blog saya"

Disini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang bunga mawar.

   Pada awal bulan oktober kami mendapat tugas untuk menanam bunga mawar dengan cara di stek. Selain menanam bunga mawar, kami juga di tugaskan untuk melihat dan meneliti perkembangan dari bunga yang akan kami tanam.
   Saya awalnya tidak mengerti cara membuat/menanamnya, hanya dengan pedoman melihat di internet saja. Meskipun saya tidak tahu cara yang sebenarnya, setidaknya saya dapat melakukannya.
Dan yang saya dengar merawat bunga mawar ini agak susah, karena perlu perawatan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
   Nah, sebelum memulai penanaman pastinya kita memerlukan tanaman mawar lain dengan mengambil batangnya. Untuk menanam bunga mawar ini, di sarankan untuk menggunakan batang mawar yang sudah tua atau yang warnanya terlihat kehitaman, dan juga menanamnya dengan cara di stek.
   Pertama-tama, pilih batang mawar yang tua, seperti yang saya katakan tadi. Kemudian stek batang mawar dengan ukuran sekitar 10 cm. Setelah itu, siapkan tanah yang gembur, bisa menggunakan tanah bercampur pasir, ampas padi, ataupun tanah bakar. Saya menggunakan tanah bercampur pasir, dan jangan lupa wadahnya. Bisa menggunakan polybag atau pun langsung pada pot bunga. Saya menggunakan polybag, kemudian masukan tanah kedalam polybag, lalu tancapkan batang bunga mawar pada tanah. Tidak perlu terlalu dalam, cukup sampai setengah saja. Kemudian ambil air untuk menyirami batangnya, lalu taruh di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung, dan pastikan pada pagi hari terkena matahari agar dapat berfotosintesis. Seperti itulah cara yang saya gunakan untuk menanam bunga mawar.

   Untuk perawatannya yang saya dengar ataupun yang saya baca yaitu, kita perlu menyiram bunga mawar 2 kali sehari (pagi dan sore). Menyiram tanaman ini juga di lihat dari kondisi tanahnya, apakah terlihat kering atau masih basah, juga di lihat dari cuacanya, apakah hujan atau panas. Dalam menyiram tanaman ini, kita harus memilih waktu yang sejuk, seperti yang saya bilang tadi, pagi dan sore. Mengapa tidak siang hari, karena jika tanaman mawar ini di siram pada saat siang hari, akan membuat tanaman ini lama kelamaan menjadi mati.
   Waktu pertumbuhan dari mawar ini, sekitar 1-2 minggu tunas dari batang sudah tumbuh. Lama kelamaan mawar ini akan semakin memanjang dan tinggi, dan juga pastinya memiliki banyak tunas. Nah, agar mawarnya lebat atau sangat banyak tunasnya. Setiap ada tunas yang memanjang, itu perlu di potong dengan posisi menyerong, agar mudah tumbuh. Pada bunga juga pastinya akan selalu ada yang layu, atau mati, atau terlihat coklat sampai kehitaman. Itu juga perlu di potong, agar tidak menyebar ke tunas lain.
   Tanaman ini di taruh ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan pada pagi hari, bunga ini perlu berfotosintesis dan memrlukan sinar matahari.
   Jika mawar sudah tumbuh dan memiliki tunas yang sudah lumayan banyak, sekitar 1-5 tunas. Waktunya pemindahan tanaman ke dalam pot agar semakin kokoh pertumbuhannya. Ketika memindahkan, jangan sampai tanah dari tanaman bunga mawar terpisah, agar akarnya tidak putus.
Harus berhati-hati, supaya tanahnya tidak hancur. Setelah pemindahan, siramlah kembali tanaman agar tanah yang baru, dapat menyatu dengan tanaman mawarnya.
Baiklah seperti itulah caranya dalam menanam dan merawat bunga mawar.
Hanya saja bunga mawar saya menjadi rusak, karena kurang teliti dalam dalam perawatan. Kemudian saya membuat yang baru, dan sekarang ini sudah yang ketiga minggunya.

 Inilah gambar dari bunga mawar saya:





   Tanaman mawar saya masih dalam perawatan dan saya harus lebih teliti lagi. Semoga dapat hasil yang baik.
   Terkadang banyak yang bilang, jangan di sentuh kalau tidak ingin mawarnya mati. Ada juga yang mengatakan kalau saat pagi hari, bunga mawarnya di nyanyiin supaya cepat tumbuh.. Hehe ada-ada saja..
    Baiklah, inilah cerita dari pengalaman saya dalam menanam dan merawat bunga mawar. Kalau tidak berhasil yaa,, coba lagi.. 😁
   Sekian dari cerita saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca, jika ada susunan kata saya yang kurang rapi, atau ada kekurangan mohon di maafkan. (maklum baru belajar😁). Dan terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca artikel saya..

"Tunggu postingan selanjutnya~~"


*Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi:

https://bunga-mawar.com/2015/01/cara-menanam-mawar-dengan-stek.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mawar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOTEKNOLOGI FERMENTASI ( Laporan Praktikum Pembuatan Tempe oleh Rhizopus oryzae / Rhizopus sp )

Makanan Khas Suku Dayak